Segar Merindukan #ngaBLOGburitAqua Klaten

14 Jul 2014

Tak perlu serius, ini hanya sekedar cerita dari kopdar #ngaBLOGburitAqua yang diadakan blogdetik di PT. Tirta Investama, yang merupakan produsen AQUA. Lokasi kegiatan yang juga merupakan lokasi pabrik Aqua terletak di Desa Wangen, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

92d565d8b6b356b800dda0dcaceaa409_ngablogburit

Sabtu, 12 Juli 2014 merupakan hari yang bersejarah, minimal buat saya, kenapa?, karena inilah pertama kali saya ikut acara kopdar blogger dalam skala yang cukup besar. Kurang lebih 100 orang blogger turut serta dalam acara ini, berbagai wilayah di sekitar Klaten turut serta dalam acara ini, Jogja, Solo, Klaten, bahkan dari Ngawi, Magelang, dan masih ada daerah lain yang tak bisa saya sebutkan satu persatu.

Acara yang rencananya dimulai pukul 14.oo wib pun terpaksa sedikit molor, hal ini dikarenakan keterlambatan kedatangan rombongan blogger dari Solo maupun Jogja. Saya yang langsung berangkat ke lokasi dengan menggunakan sepeda motor pun sepertinya menjadi peserta pertama yang datang. Kurang lebih pukul 13.30 wib saya sudah sampai di pabrik Aqua, sebagai bukti, bisa lihat buku tamu di pos satpam yang menempatkan nama saya diurutan pertama untuk keperluan #ngaBLOGburitAqua he.he..

Selang beberapa waktu, rombongan Solo pun tiba, untuk menghemat waktu, acara pun dimulai dengan pengantar materi dari Bp. Muhammad Nurdin dan M. Atiq. Berhubung rombongan kawan-kawan blogger Jogja belum sampai, acara pun dibagi dalam dua kloter, dan kloter pertama adalah dari rombongan Solo.

Proses produksi Aqua

Setelah pengantar materi, kita diajak langsung melihat proses produksi. Kita dibawa berkeliling melihat proses produksi Aqua, kebetulan yang kita lihat proses produksinya adalah produksi Aqua 1.500 ml. Sambil melihat-lihat kita diberi pengarahan mengenai proses awal sampai akhirnya Aqua dikemas.

e675f9721c564c873df942e09b20fda8_penyampaian-materi

Selain melihat proses produksi, kita juga dibawa ke Rumah Sumber yang merupakan sumber utama pengolahan air dari sumber mata air di Desa Ponggok. Kita dijelaskan mengenai proses pengambilan air, kadar kelayakan air, dan masih banyak hal lain terkait dengan proses pengolahan air hingga jadi Aqua yang sering kita konsumsi.

Aktivitas CSR Aqua

Untuk melihat program atau kegiatan CSR AQUA, kita dibawa mengunjungi Laboratorium Lapangan Petani di Desa Karanglo, masih diseputaran pabrik Aqua. Ditempat ini pula nantinya acara buka bersama akan diadakan, karena sudah nampak jelas kesibukan ibu-ibu tuan rumah yang mulai menyiapkan hidangan berbuka puasa. Beberapa ibu-ibu juga menyambut dengan menunjukkan serta membagikan beberapa karya hasil dari pengolahan limbah rumah tangga atau sampah yang sudah tidak berguna.

Sebelum waktu berbuka puasa tiba, acara diisi dengan sambutan dan pemaparan oleh Kepala Desa Karanglo Bp. Yudi mengenai proses awal hingga akhirnya menjadi Desa Karanglo seperti sekarang ini. Semua tak lepas dari dukungan dan peran serta program CSR dari Aqua.

54322eaecda800df7d87b9563a11a466_laboratorium-lapangan-petani-karanglo

Seat berbuka puasa pun tiba, seluruh peserta dipersilahkan menikmati hidangan berbuka puasa yang sudah disediakan oleh Ibu Kades Karanglo beserta ibu-ibu lainnya.

Usai berbuka dan sholat maghrib, acara kembali dilanjutkan dengan paparan materi dari DR. Ir. Heru Hendrayana dari UGM Jogja. Materi yang disampaikan mengenai air, dengan tema “Air Untuk Indonesia Sehat”. Banyak materi yang disampaikan, dan usai penyampaian materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

c8eeae27e89576f9ed920767085b5a43_bagi-doorprize

Saat-saat “menegangkan” pun tiba, selesai penyampaian materi dan sesi tanya jawab, kegiatan selanjutnya adalah bagi-bagi doorprize. Seruu… Banyak hadiah yang dibagikan, keceriaan nampak dari seluruh peserta, tak ketinggalan saya pun ikut serta dalam “perebutan” doorprize ini. Alhamdulillah, tagline spontan saya “AQUA Segar Merindukan” akhirnya beruntung untuk mendapatkan doorprize headset. he..he..

Dan… acarapun selesai.

Acara #ngaBLOGburitAqua di Klaten memang seru, bukan sekedar menunggu saat berbuka dan melakukan buka puasa bersama saja, namun ada banyak hal yang bisa diperoleh disini. Selain ilmu dan pengetahuan, jalinan pertemanan antar sesama blogger juga kian erat, yang biasanya hanya “berjumpa” lewat internet kini bisa bertemu dan bercanda secara langsung. #ngaBLOGburitAqua memang #SegarMerindukan.


TAGS ngaBLOGburitAqua serunya berbuka puasa segar merindukan #ngaBLOGburit


-

Author

Follow Me