Kesan Pertama Begitu Menggoda…

11 Jul 2014

Sudah sore, saat-saat seperti inilah orang yang berpuasa mulai merasakan kebahagiaan yang tiada kiranya. Setelah dari subuh hingga menjelang maghrib banyak sekali godaan yang mencoba membujuk agar puasa kita berkurang pahalanya atau bahkan batal puasa kita. Ada yang bisa menahan diri, banyak juga yang akhirnya tergoda. Hal-hal yang biasanya menggoda, diantaranya:

Berbohong

Ada alasan kenapa orang terkadang mau tak mau harus melakukan kebohongan, salah satunya adalah disaat orang menghadapi pekerjaan, atau hal-hal lain yang umum ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Tak mudah memang, sebuah dilema yang terkadang saya menghadapinya.

Makanan dan Minuman

Puasa identik dengan tidak makan dan tidak minum, mulai subuh hingga maghrib. Oleh karena itu, makanan dan minuman menjadi godaan yang sering menghampiri. Saat cuaca begitu panasnya, rasa haus begitu terasa, saat inilah es dan minuman segar lain menjadi sesuatu yang paling cepat terbayangkan. Saat bangun tidur misalnya, perut terasa lapar dan disinilah godaan makan menghampiri.Makanan dan minuman adalah momok penggoda yang paling sering dan paling mudah menghampiri.

Ngomongin orang lain

Awalnya hanya ngobrol biasa, tak ada maksud untuk ngomongin orang lain, tapi yang namanya keasikan, kadang-kadang jadi kebablasan ngomongin orang lain.Mungkin orang tak sadar, tapi isi dari percakapannya adalah sesutu yang dapat megurangi pahala puasa. Apalagi bagi mereka yang suka nonton acara infotainment. Makanya, kurangi porsi menonton televisi, karena saat ini banyak acara televisi yang kurang bermutu dan kurang mendidik, pilih acara televisi yang sekiranya memberi manfaat dan meningkatkan nilai ibadah puasa kita.

Emosi

Puasa itu melatih kesabaran, tapi seringnya kesabaran kita diuji dengan banyak hal. Menahan emosi itu sangatlah sulit, ini hal yang biasa dijadikan alasan orang. Memang benar, saya sendiri juga merasakannya. Saat puasa seperti ini, sumbu emosi serasa begitu pendek sehingga mudah terbakar.

Meski pemilu presiden sudah berakhir, namun panasnya masih terasa sampai sekarang. Hasil Quick Count menjadi komoditas yang potensial untuk merusak kualitas ibadah puasa. Godaan yang ditimbulkan banyak sekali, terutama bagi simpatisan dan pendukung capres-cawapres, mulai dari membicarakan orang, berprasangka buruk pada orang lain, menghujat orang lain, emosi terhadap orang lain, membohongi orang lain, dan masih banyak lagi.

Lalu, apakah kita bisa melewati godaan-godaan itu?, bisa!. Walau tidak mudah namun hakekat puasa adalah untuk melawan godaan-godaan tersebut, kalau tidak lulus menghadapi godaan mungkin perlu dipertanyakan lagi kualitas ibadah puasanya. Kesan pertama begitu menggoda, tapi sebaiknya hindari dan jangan sampai benar-benar tergoda, agar ibadah puasa kita berkualitas baik dan diterima oleh Allah SWT.


TAGS godaan saat berpuasa bulan ramadhan Ramadhan 1435 H #ngaBLOGburit


-

Author

Follow Me