Solusi Cerdas Mendapatkan Air Yang Layak Dikonsumsi

5 Jul 2014

Air merupakan salah satu sumber penghidupan bagi manusia dan mahluk hidup lain yang ada di bumi ini, tak mengherankan bila ketiadaan air bisa berakibat fatal bagi kelangsungan hidup mahluk di bumi. Salah satu manfaat air adalah sebagai pemenuhan kebutuhan manusia untuk minum atau dikonsumsi. Tapi, apakah semua air bisa digunakan sebagai air minum?, apakah semua air layak untuk di konsumsi?. Jawabannya tidak selalu. Sudah banyak tulisan di blog, media online, media cetak maupun media elektronik yang membahas tentang hal ini.

Air minum dalam kemasan

Air minum dalam kemasan

Seiring dengan perkembangan jaman, mau tidak mau turut berpengaruh terhadap keberadaan ekosistem yang ada di bumi, tak terkecuali keberadaan air yang layak untuk di konsumsi oleh manusia. Air sumur yang menjadi sumber utama untuk memasak dan juga untuk diminum tak lagi dapat terjamin kelayakannya, hal ini terjadi karena air tanah sudah terkontaminasi oleh berbagai zat atau kotoran yang menjadikan air tak lagi mampu memenuhi standar air yang layak dikonsumsi oleh manusia.

Syarat Air Minum Yang Layak Dikonsumsi

Berdasarkan Peraturan menteri Kesehatan Nomor 492/Menkes/Per/IV/2010, mengenai persyaratan kualitas air minum. Secara Umum Persyaratan yang harus dimiliki air minum ada 4 : persyaratan Fisika, Mikrobiologis, Kimiawi dan Radioaktif.

1. Persyaratan Fisik

  • Air minum yang akan dikonsumsi harus memenuhi persyaratan fisik, yaitu: harus jernih, tidak berbau, tidak berasa dan tidak berwarna. Air minum tidak menimbulakn endapan, sementara suhunya sebaiknya sejuk dan tidak panas.

2. Persyaratan Kimia

  • TDS < 500. Total dissolved solid atau kandungan mineral yang terlarut di dalam air lebih kecil dari 500. Tubuh kita memerlukan mineral yang berguna bagi tubuh. Namun mineral tersebut tidak boleh melebihi batas yang diatur oleh pemerintah.
  • pH 6,5-8,5. Kadar keasaman air yang baik adalah antara 6,5 sampai 8,5.
  • Bebas zat kimia beracun.
  • Tidak mengandung logam berat.
  • Tidak mengandung pestisida.

3. Persyaratan Mikrobiologis

  • Air minum tidak boleh mengandung dalam 100 ml sampel E.Coli dan Total Bakteri Koliform. Makin tinggi tingkat kontaminasi bakteri coliform, makin tinggi pula risiko kehadiran bakteri patogen, seperti bakteri Shigella (penyebab muntaber), S. Typhii (penyebab Typhus), Kolera, dan Disentri.

4. Tidak mengandung bahan radio aktif

  • Air minum maksimal mengandung Gross Alpha Activity 0,1 Bq/l dan Gross Beta Activity 1 Bq/l.

Pertanyaannya sekarang adalah: apakah kualitas air bersih ditempat kita sudah memenuhi persyaratan seperti diatas?. Saya kira sudah sulit menemukan kualitas air yang benar-benar sesuai standar kesehatan, apalagi sumber air bersih di wilayah perkotaan yang sudah padat penduduk.

Banyak beredar dipasaran air mineral dan juga air isi ulang yang menawarkan “janji” tentang jaminan kualitas air, namun demikian, tidak semuanya memenuhi standar kelayakan untuk dikonsumsi.

Solusi Untuk Mendapatkan Air Yang Layak Dikonsumsi

Permasalahan air bersih yang layak dikonsumsi memang semakin mengkhawatirkan, air tanah sudah banyak yang tercemar sehingga tidak layak konsumsi dan membahayakan. Pada umumnya orang akan memasak air sebelum dikonsumsi, ini merupakan cara yang biasa dilakukan. Selain dimasak, orang sekarang banyak yang membeli air galon maupun isi ulang.

Namun, dengan semakin berkembangnya teknologi banyak beredar dipasaran water purifier atau pemurni air, dan salah satunya adalah solusi yang ditawarkan oleh Unilever. Ya, produk Pureit sendiri terdiri dari dua jenis produk, yaitu Pureit Classic dan Pureit Marvella UV. Pureit adalah cara mudah, praktis dan dengan harga yang terjangkau untuk mendapatkan air minum yang terlindungi dari kuman berbahaya.

Pureit Marvella UV adalah pemurni air berteknologi UV yang dapat mengubah air keran menjadi air minum. cara mudah, praktis dan dengan harga yang terjangkau untuk mendapatkan air minum yang terlindungi dari kuman berbahaya.

1c3e78a375abbb1a8ef034eed53113d7_pureit-marvella

Keunggulan Pureit Marvella adalah :

  • Terlindungi dari kuman berbahaya Pureit Marvella sudah memenuhi kriteria ketat EPA (Environmental Protection Agency) Amerika Serikat dan juga sudah teruji di Scottish Parasite Diagnostic Laboratory Glasgow Inggris, London School of Hygiene and Tropical Medicine, dan Unilever Laboratory.
  • Nyaman Pureit Marvella terhubung langsung ke pipa air dengan sistem autofill/ pengisian otomatis, sehingga sangat praktis tanpa harus melakukan pengisian ulang.

Kenapa Pureit Marvella dianjurkan untuk digunakan?, karena Pureit Marvella bekerja melalui 4 tahap pemurnian, yaitu:

e03074e18cb4bd1835c7bfda371ce6df_4-tahap-pemurnian-pureit-marvella

  1. Filter Sedimen: Menghilangkan kotoran yang terlihat
  2. Filter Karbon Aktif: Menghilangkan parasit, pestisida, klorin, rasa dan bau
  3. Filter Sedimen Plus: Menghilangkan partikel karbon dan sisa kotoran
  4. Sinar UV Intensitas tinggi: Menghilangkan kuman, parasit, dan bakteri berbahaya

Pureit Marvella memiliki filter GKK (Germ Kill Kit/ Perangkat Pembunuh Kuman) yang harus diganti setelah memurnikan 3000 liter air. Lama waktu penggantian tergantung banyaknya konsumsi air di rumah Anda.

Keuntungan Pureit Dibanding Yang Lain

Dengan adanya inovasi pemurni air seperti Pure it, setidaknya bisa memberikan rasa nyaman saat mengkonsumsi air minum. Selain itu, ada banyak keuntungan menggunakan Pureit bila dibandigkan dengan yang lain, perbandingannya adalah:

1. Keuntungan Pureit dibandingkan memasak air

  • Jauh lebih praktis
  • Mampu menghilangkan polutan dalam air seperti pestisida, karat besi dan sebagainya yang tidak dapat dihilangkan dengan hanya memasak air.
  • Hemat gas
  • Sangat terjangkau

2. Keuntungan Pureit dibandingkan air isi ulang

  • Tidak perlu khawatir kehabisan air
  • Tidak perlu ragu akan kualitas sumber air
  • Tidak perlu ragu bagaimana air diproses
  • Tidak prlu repot menyediakan air secara rutin
  • Menghemat uang

3. Keuntungan Pureit dibandingkan galon bermerek

  • Menghemat uang
  • Tidak perlu khawatir kehabisan air
  • Tidak perlu repot menyediakan air
  • Tidak perlu khawatir atas keamanan dan kualitas air

4. Penghematan Pureit dibanding galon bermerek

  • Harga galon Rp. 10.000 untuk 19 liter
  • Harga Germkill Kit/ perangkat pembunuh kuman Rp. 150.000 untuk 1.500 liter
  • Jika setiap bulan menghabiskan 8 galon, maka penghematan dalam 1 tahun= Rp. 842.000; dalam 3 tahun= Rp. 2.527.200; dalam 5 tahun= Rp. 4.212.000; dst.

Nah, dengan mempertimbangkan hal-hal diatas tentu tak perlu diragukan lagi kalau Pureit memberi solusi dan keuntungan yang banyak. Jika permasalahannya adalah kelayakan air minum untuk dikonsumsi, tentu tak perlu kuatir karena Pureit memberi solusi cerdas untuk menghasilkan air yang layak untuk dikonsumsi.

****&****

Referensi:


TAGS Pureit air layak konsumsi pureit marvella syarat air minum layak konsumsi pure it sehat milik semua


-

Author

Follow Me